Vlog

08.09

Hell-o blogga!
Kali ini aku mau bahas tentang sesuatu yang sedang booming di kalangan youtuber, yaitu VLOG.
Apa itu vlog?
Gimana sih sejarah vlog?
Apa yang dibahas di vlog?
Apa kegunaan vlog?
Vlog yang bagus itu gimana sih?
Gimana pendapat aku mengenai vlog?

But literally ini bener-bener pendapat aku yang aku compare sedikit dengan searching.

Apa itu vlog?
Vlog itu singkatan dari Video Blogging. Jadi, kalian itu melakukan kegiatan blogging melalui video. Kalo blog disampaikan melalui tulisan, kalo vlog melalui video.

Gimana sih sejarah vlog?
Video blogging merupakan suatu format video dari aktivitas blogging, ia mulai menunjukkan eksistensi yang signifikan pada tahun 2004 dan baru menunjukkan popularitasnya yang meningkat pada awal tahun 2005. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya keanggotaan grup video blogging Yahoo! Secara dramatis pada tahun 2005.
Situs berbagi-video yang paling populer saat ini, YouTube, dibentuk pada Februari 2005. Ia termasuk dari sekian banyak situs dengan content management system yang dapat mengelola masukan video, dan mempersilahkan para penggunanya untuk memiliki serta mengelola halaman video milik mereka sendiri. Selain berbagi video pada umumnya, video blogging juga merupakan kategori berbagi yang populer di situs YouTube.
Video blogging menawarkan pengalaman situs yang lebih kaya dibandingkan dengan blogging dalam bentuk teks, karena ia mengkombinasikan video, suara, gambar, dan teks, meningkatkan kandungan informasi, serta emosi, yang dibagi dengan para pengguna internet lainnya.
Media seperti itu membuat para penggunanya menjadi lebih bisa mengeksplorasi berbagai cara baru dalam berkomunikasi, di mana kebanyakan pengguna yakin bahwa video akan menghasilkan ekspresi yang lebih alami daripada tulisan.
Lebih jauh lagi, konvergensi dari ponsel dengan fitur kamera digital mempermudah pengunggahan video blogging yang dapat dilakukan segera setelah video direkam dari perangkat tersebut.

Oke, aku ga bakal bahas sejarahnya panjang lebar karena aku sendiri kalo baca atau dengerin tentang sejarah apapun bakal bosen.

Apa yang dibahas di vlog?
Ada banyak hal yang bisa dibahas. Yang paling banyak dibahas, di antaranya:
  • -          Kegiatan sehari-hari
  • -          Kegiatan saat event tertentu
  • -          Cerita tentang apapun (lebih ke curhat)
  • -          Membahas tentang salah satu topik
  • -          Dan lain-lain.


Apa kegunaan vlog?
Menurut orang awam atau yang ga suka cerita panjang lebar “mungkin” bakal berpikiran:
“apaan sih vlog?”
“elah ga penting banget nontonin kegiatan orang”
“vlog gitu-gitu doang”
Dan lain sebagainya.
Sebenernya, kalo vlogger dan penontonnya sendiri bisa memaknai apa vlog itu sesungguhnya, vlog itu terdapat banyak banget kegunaannya, di antaranya:
  • -          Mengambil hal-hal positif yang bisa diambil dari vlog tersebut.
  • -          Mengetahui trend-trend masa kini.
  • -          Mengetahui tempat-tempat yang bagus, keren, dan hitz buat nongkrong dan sebagainya.
  • -          Mendapatkan pesan tersirat yang disampaikan oleh vlogger baik secara langsung maupun tidak.
  • -          Mendapatkan inspirasi-inspirasi baru.
  • -          Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu ambil karena kita hidup ga bakal gitu-gitu aja. Kita hidup di dunia ini harus mengikuti perkembangan zaman juga. Kalo ada trend-trend terbaru dan kita terkesan ga peduli dan ga mau tau, nanti bakal susah di kitanya juga karena kita terkesan tidak mengikuti perkembangan zaman, kuno, kudet, dan sebagainya. Kita ga diharuskan “harus” suka, tetapi paling ga kita tau “apasih yang lagi trend sekarang ini?”.


Gimana pendapat aku mengenai vlog?
Kalo aku sendiri sih, aku suka banget nontonin vlog orang-orang. Hampir setiap hari aku nontonin vlog orang. Mulai dari vlog yang baru kali itu aku tonton sampai vlog yang wajib aku tonton tiap dia nge-vlog karena emang vlog dia tuh menarik. Contohnya:  VLOGGG by kak Arief Muhammad.

Vlog yang bagus itu gimana sih?
Kalo menurut aku pribadi, vlog yang bagus itu:
  • -          Ga usah panjang lebar sampai 20 menit atau lebih karena bakal bosenin. Cukup antara 5 – 12 menit. Aku pribadi kalo buka vlog orang terus lihat durasinya 20 menit ke atas, aku sendiri langsung males nontonnya. Bukan masalah sayang kuota tapi bosenin kalo terlalu lama.
  • -          Jangan kebanyakan ngomong yang ga penting.
  • -          Ada hal-hal positif atau pesan di balik vlog tersebut.
  • -          Bisa menginspirasi banyak orang.
  • -          Menarik. Ini poin paling penting sih. Mau 5 menit atau 15 menit kalo vlognya itu menarik pasti orang ga gampang bosen.

You Might Also Like

0 comment